Minggu, 01 November 2015

TEKNOLOGI TELEMATIKA SAAT INI (KELOMPOK 3) - Pengantar Telematika

TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA
TEKNOLOGI TELEMATIKA SAAT INI





Kelompok 3:
Dhanny Kurniawan (11112982)
Dianov Lussac (12112057)
Erick Pratama Afrieldy (12112523)
Fadilla Develin (12112626)
Febriantara Muhammad (12112863)
Rachmat Mardian Adi Saputra (15112831)





UNIVERSITAS GUNADARMA
2015



PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang
Perkembangaan tekonologi telematika saat ini sudah sangat berkembang, banyak bidang yang membutuhkan teknologi telematika, contohnya yaitu di bidang telekomunikasi, bidang transportasi dan termasuk juga di pemerintahan. Dengan mengikuti perkembangan teknologi telematika, maka tentunya akan memudahkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, pekerjaan yang dilakukan akan menjadi lebih cepat selesai. Salah satu contohnya seperti handphone, bila saja belum adahandphone, maka setiap orang yang ingin berkomunikasi harus saling berkirim surat, atau bisa mengirim pesan melalui pager, tentu itu merepotkan dan memakan waktu banyak. Ituartinya teknologi telematika yang berkembang saat ini sudah banyak manfaatnya.

            B.       Batasan Masalah
Dalam penulisan ini penulis hanya membahas tentang perkembangan telematika saat ini, contoh teknologi telematika di bidang telekomunikasi, bidang transportasi dan teknologi telematika di pemerintahan.

           C.        Tujuan
Tujuan dari penulisan ini yaitu agar mengetahui bagaimana perkembangan teknologi telematika saat ini, dapat mengetahui contoh teknologi telematika saat ini di bidang telekomunikasi, transportasi dan di pemerintahan.


PEMBAHASAN

                 A.     Perkembangan Telematika Saat Ini
Seiiring dengan perkembangan teknologi telematika, saat ini teknologi telematika telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga banyak informasi yang dapat disebarkan dan disampaikan ke seluruh dunia.
Bidang telekomunikasi merupakan salah satu bidang yang memanfaatkan telematika, misalnya seperti telekomunikasi lewat telepon, televisi, radio dan juga GPS (Global Positioning System). Telematika menggunakan teknologi pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi melalui perangkat telekomunikasi.

               B.     Teknologi telematika bidang telekomunikasi
     -      Pager
Alat telekomunikasi yang hanya bisa untuk mengirim dan menerima pesan pendek dan pesan hanya terdiri dari beberapa digit saja.
      -       Handphone
Handphone merupakan salah satu contoh dari teknologi telematika yang berkembang pada saat ini. Handphone menggunakan media elektromagnetik untuk mengirimkan atau menerima suatu informasi dari satu pihak ke pihak lainnya.
      -       Smartphone
Merupakan telepon selular yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer.
      -      Teknologi Telematika Bidang Transportasi
GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi yang dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit maka dapat menentukan posisi bumi, GPS dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini membutuhkan 24 satelit untuk mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi, lalu sinyalnya diterima di bumi dengan alat GPS Portable dan smartphone. Sistem ini di bentuk untuk membrikan informasi mengenai posisi dan kecepatan tiga dimensi diseluruh dunia tanpa harus bergantung pada waktu dan cuaca.
      -      Teknologi Telematika di Pemerintahan    
               Di pemerintahan Indonesia untuk menangani bagian administrasi pemerintahan secara elektronik telah dibentuk Tim Koordinasi Telematika Indonesia(TKTI).



Sumber:
http://abas-nr.blogspot.co.id/2012/01/mata-kuliah-pengantar-telematika-fitur_07.html, 7 Januari 2012
http://randypassoe.blogspot.co.id/2014/10/perkembangan-telematika-dan-tren-ke.html, 12 Oktober 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar