A. Organisasi
Terdapat beberapa teori dan
perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada
pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah
dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis,
terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber
daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan
lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan
organisasi.
Menurut para ahli
terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
B. Ciri-ciri dan Unsur Pengorganisasian
Ciri-ciri Pengorganisasian
– Mempunyai tujuan & sasaran
– Mempunyai keterikatan format dan
tata tertib yang harus ditaati
– Adanya kerja sama dari sekelompok
orang
– Mempunyai koordinasi tugas dan
wewenang
Unsur-unsur Pengorganisasian
-
Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan
organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau
personnel. Pegawai atau personnel terdiri dari semua anggota atau warga
organisasi, yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari unsur pimpinan
(administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, para manajer
yang memimpin suatu unit satuan kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing dan
para pekerja (nonmanagement/workers). Semua itu secara bersama-sama merupakan
kekuatan manusiawi (man power) organisasi.
Kerjasama merupakan suatu perbuatan
bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk
mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang
menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan
pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power)
organisasi.
Tujuan merupakan arah atau sasaran
yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang
diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan.
Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur,
program, pola (network).
Unsur yang keempat adalah peralatan
atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin,
uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
Faktor lingkungan misalnya keadaan
sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi,
anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah
ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu
C. Bentuk Bagan Struktur Organisasi
- Bagan Horizontal
Mengapa bagan tersebut dikatan horizontal? karena pada bagan tersebut jika semakin banyak jabatan-jabaan yang dibuat dalam perusahaan tersebut maka bagan ini akan semakin luas menyamping
- Bagan Vertikal
Semakin banyak jabatan atau divisi dari suatu perusahaan maka akan semakin memanjang kebawah bentuk bagannya
- Bagan Lingkaran
Suatu perusahaan memiliki perbedaan tersendiri dalam menyusun bagian-bagian dari perusahaan itu, oleh karena itu banyak sekali odel bagan terbentuk . Pada bagan ini jika setiap penambahan anggota maka bagan ini akanbertambah diameternya.
- Bagan Piramid
Bagan piramid ini sangat mudah digunakan karna bentuknya yg seperti piramid, bagian dalam perusahaan yang jabatannya paling tinggi maka akan diletakkan dibagian paling atas (top), untuk karyawan diletakkan dibagian tengah (mid) dan untuk bagian office boy diletakkan dibagianpaling bawah(lower)
http://darkzone7.blogspot.com/2012/10/teori-organisasi-umum-1-macam-macam.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar