Membuat garis
Horizontal, Vertikal dan Diagonal
Untuk membuat tampilan garis tersebut saya menggunakan bahasa
pemrograman c++.
Masukkan source code seperti gambar dibawah ini :
source codenya seperti gambar diatas
glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); merupakan perintah yang digunakan
untuk memilih warna dalam membersihkan latar belakang dalam mode RGBA (Red, Green, Blue, Alpha).
-
glMatrikxMode(GL_PROJECTION); merupakan perintah yang digunakan
untuk melakukan mode matrix pada perojek tersebut.
-
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); merupakan perintah yang digunakan
untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam dan buffer warna apa saja yang akan
dibersihkan sebagai tempat menyimpan gambar yang akan dibuat.
-
glColor3f(238.0,238.0,238.0); merupakan perintah yang digunakan
untuk menentukan warna pada garis.
-
glBegin(GL_LINES); merupakan perintah yang digunakan untuk
menciptakan sebuah garis.
-
glVertex2d(tx0,ty0); merupakan perintah yang digunakan untuk
menentukan lokasi titik pada garis awal.
-
glVertex2d(tx1,ty1); merupakan perintah yang digunakan untuk
menentukan lokasi titik pada garis berikutnya.
-
glEnd(); merupakan perintah yang digunakan untuk mengakhiri
pembentukan garis pada titik akhir.
-
glutInitWindowPosition(100, 100); merupakan perintah untuk tampilan
window berada dimana
-
glutInitWindowSize(500,500); merupakan perintah untuk memberi
ukuran pada window output
-
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); merupakan perintah
tampilan output menggunakan glut_single dan gkut_rgb
Outpunya seperti gambar dibawah ini
1.
Garis Horizontal
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image018.jpg)
Terdapat 4 pilihan menu, jadi apabila
memilih nomer 1 yaitu membuat garis horizontal. Awalnya akan diminta untuk
input koodinat awal dan koordinat akhir yang nilai maksimalnya 50/-50. Jika
kita salah menginput angka untuk x0,yo dan x1,y1 maka akan diminta untuk
mengulang inputannya. Jika inputan xo,yo dan x1,y1 sudah benar maka void
horizonif akan membaca untuk lanjut dan mencetak inputan kita dan akan tampil
garis horizontal yang panjangnya sesuai dengan inputan diawal.
OpenGL adalah suatu spefikasi grafik
yang low-level yang menyediakan fungsi untuk pembuatan grafik primitif termasuk
titik, garis, dan lingkaran dan digunakan untuk keperluan - keperluan
pemrograman grafis. OpenGL bersifat Open - Source, multi - platform dan multi -
language serta digunakan mendefinisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi
maupun objek 3 dimensi. OpenGL juga merupakan suatu antarmuka pemrograman
aplikasi (application programming interface (API) yang tidak tergantung pada
piranti dan platform yang digunakan, sehingga OpenGL dapat berjalan pada sistem
operasi Windows, UNIX dan sistem operasi lainnya.
GLUT (GL Utility Toolkit) Merupakan
pengembangan dari OpenGL yang didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga
menengah dan menggunakan callback functions untuk menambahkan interaksi dari
user.
2.
Garis Vertikal
3.
Garis Diagonal
4.
Keluar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar