Senin, 03 November 2014

Membuat garis Horizontal, Vertikal dan Diagonal



Membuat garis Horizontal, Vertikal dan Diagonal
Untuk membuat tampilan garis tersebut saya menggunakan bahasa pemrograman c++.
Masukkan source code seperti gambar dibawah ini :











    source codenya seperti gambar diatas 
      glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); merupakan perintah yang digunakan untuk memilih warna dalam membersihkan latar belakang dalam mode RGBA (Red, Green, Blue, Alpha).

-          glMatrikxMode(GL_PROJECTION); merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan mode matrix pada perojek tersebut.
-          glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); merupakan perintah yang digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam dan buffer warna apa saja yang akan dibersihkan sebagai tempat menyimpan gambar yang akan dibuat.
 
-          glColor3f(238.0,238.0,238.0); merupakan perintah yang digunakan untuk menentukan warna pada garis.

-          glBegin(GL_LINES); merupakan perintah yang digunakan untuk menciptakan sebuah garis.

-          glVertex2d(tx0,ty0); merupakan perintah yang digunakan untuk menentukan lokasi titik pada garis awal.

-          glVertex2d(tx1,ty1); merupakan perintah yang digunakan untuk menentukan lokasi titik pada garis berikutnya.

-          glEnd(); merupakan perintah yang digunakan untuk mengakhiri pembentukan garis pada titik akhir.

-          glutInitWindowPosition(100, 100); merupakan perintah untuk tampilan window berada dimana
-          glutInitWindowSize(500,500); merupakan perintah untuk memberi ukuran pada window output

-          glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB); merupakan perintah tampilan output menggunakan glut_single dan gkut_rgb
Outpunya seperti gambar dibawah ini
1.      Garis Horizontal





Terdapat 4 pilihan menu, jadi apabila memilih nomer 1 yaitu membuat garis horizontal. Awalnya akan diminta untuk input koodinat awal dan koordinat akhir yang nilai maksimalnya 50/-50. Jika kita salah menginput angka untuk x0,yo dan x1,y1 maka akan diminta untuk mengulang inputannya. Jika inputan xo,yo dan x1,y1 sudah benar maka void horizonif akan membaca untuk lanjut dan mencetak inputan kita dan akan tampil garis horizontal yang panjangnya sesuai dengan inputan diawal.

OpenGL adalah suatu spefikasi grafik yang low-level yang menyediakan fungsi untuk pembuatan grafik primitif termasuk titik, garis, dan lingkaran dan digunakan untuk keperluan - keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat Open - Source, multi - platform dan multi - language serta digunakan mendefinisikan suatu objek, baik objek 2 dimensi maupun objek 3 dimensi. OpenGL juga merupakan suatu antarmuka pemrograman aplikasi (application programming interface (API) yang tidak tergantung pada piranti dan platform yang digunakan, sehingga OpenGL dapat berjalan pada sistem operasi Windows, UNIX dan sistem operasi lainnya.
GLUT (GL Utility Toolkit) Merupakan pengembangan dari OpenGL yang didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga menengah dan menggunakan callback functions untuk menambahkan interaksi dari user.

2.      Garis Vertikal



3.      Garis Diagonal



4.      Keluar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar