Kamis, 24 September 2015

Fungsi dan Manfaat Telematika terhadap Ilmu Pengetahuan

TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA
FUNGSI DAN MANFAAT TELEMATIKA TERHADAP ILMU PENGETAHUAN



Dhanny Kurniawan (11112982)
Dianov Lussac (12112057)
Erick Pratama Afrieldy (12112523)
Fadilla Develin (12112626)
Febriantara Muhammad (12112863)
Rachmat Mardian Adi Saputra (15112831)




UNIVERSITAS GUNADARMA
2015




PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Di era komputerisasi ini kita sering mendengar istilah telematika. istilah tersebut sering di identikkan dengan dunia maya oleh masyarakat indonesia. pada dasarnya kata telematika berasal dari kata dalam Perancis yaitu telematique. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan alin Minc dalam bukunya yang berjudul L’informatisation de la Societe.
Telematika adalah saran komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik yang memiliki kemampuannya menstransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaraan suara (telepon, musik), huruf, gambar, dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal itu tersebut terjadi juga jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).  
Maka dapat disimpulkan telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh yang menyampikan informasi satu arah, maupun timbal balik dengan sistem digital. singkatnya Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
Saat ini Telematika muncul sebagai bidang ilmu yang memfokuskan pada peningkatan interaksi di antara manusia atau proses melintasi jarak dan waktu melalui aplikasi Information and Communications Technology (ICT).Contohnya saja E-commerce Salah satu bidang yang di cakup dalam penerapan ilmu telematika adalah bidang ekonomi. penerapan telematika tidak hanya pada bidang ekonomi melainkan di bidang lain, seperti pemerintahan (E-goverment), dan pendidikan (E-learning).
Sebagian besar dari penerapan Telematika diatas berbasis Web, akan tetapi masih banyak contoh penerapan telematika di luar dari web. Contoh yang sudah tidak asing bagi kita adalah GPS (Global Positioning System ).
Sistem Pemosisi Global (bahasa Inggris: Global Positioning System (GPS)) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India. Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (kesalahan umum adalah bahwa NAVSTAR adalah sebuah singkatan, ini adalah salah, NAVSTAR adalah nama yang diberikan oleh John Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS). Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Biaya perawatan sistem ini sekitar US$750 juta per tahun, termasuk penggantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.
GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.
Pada saat ini penggunaan GPS  seolah sudah menjadi suatu kebutuhan terutama bagi para Treveler yang sering bepergian. GPS juga sudah mudah di gunakan di manapun, selain banyak provider yang membuat product penyedia GPS, hampir di semua smartphone sudah menyediakan Aplikasi GPS.
  B.   Batasan Masalah
Dalam penulisan ini penulis hanya membahas tentang pengertian telematika, fungsi telematika, penggunaan telematika pada GPS, kegunaan GPS dan cara kerja GPS bagi pengguna.
  C.   Tujuan

Tujuan penulisan ini untuk mengetahui apa itu telematika, untuk mengetahui fungsi dari telematika, untuk mengetahui penggunaan telematika pada GPS dan juga untuk mengethaui cara kerja GPS bagi penggunanya.








PEMBAHASAN

A.    Pengertian Telematika

Telematika merupakan bahasa Prancis yaitu Telematique yang maksudnya penggabungan antara sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Menurut para ahli, telematika itu merupakan gabungan dari telekomunikasi dan informasi sebagai wujud dari penggabungan konsep computing dan communication. Telematika juga merupakan hasil dari perkembangan teknologi digital.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa Telematika merupakan konvergensi antara teknologi Telekomunikasi, Media dan Informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary/digital.

B.    Fungsi Telematika

Fungsi telematika yaitu:

  1. Penyampai  informasi
Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar pengetahuan bertambah dari sebelumnya. Dengan bertambahnya pengetahuan manusia maka bisa meningkatkan kecerdasan, keterampilan, dan menambah wawasan.

  1. Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat
Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta  kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.

C.    Telematika pada penggunaan GPS


GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi yang dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit maka dapat menentukan posisi bumi, GPS dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini membutuhkan 24 satelit untuk mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi, lalu sinyalnya diterima di bumi dengan alat GPS Portable dan smartphone. Sistem ini di bentuk untuk membrikan informasi mengenai posisi dan kecepatan tiga dimensi diseluruh dunia tanpa harus bergantung pada waktu dan cuaca. GPS dapat memberikan informasi posisi dengan tingkat ketelitian yang bervariasi mulai dari beberapa milimeter sampai puluhan meter. Dibawah ini contoh tampilan GPS pada smarthphone.


Sebelum adanya GPS dulu manusia menggunakan kompas untuk petunjuk arah, namun sekarang dengan adanya kemajuan teknologi maka manusia sudah bisa menggunakan GPS sebagai petunjuk arah dengan tampilan yang lebih jelas dan rinci. Namun GPS juga memiliki kelemahan yaitu pada soal jaringan, bila jaringannya sedang buruk maka GPS tidak bisa beroprasi dengan benar. Dibawah ini adalah contoh GPS portable.

D.    Kegunaan GPS

Kegunaan GPS diantaranya yaitu:

-          Militer
GPS digunakan pada saat perang, misalnya untuk mengetahui arah bom, untuk mengetahui dimana posisi pasukan agar tidak terjadi salah serang.

-          Navigasi
Beberapa kendaraan telah dilengkapi dengan GPS sebagai alat bantu navigasi, dengan menambahkan peta maka dapat digunakan untuk memandu pengendara agar mengetahui arah jalan untuk mencapai tempat tujuan.

-          Sistem Informasi Geografis
GPS juga diperlukan untuk pembuatan peta, jadi bisa untuk mengukur luas suatu tempat.

-          Sistem Pelacakan Kendaraan
GPS pada sistem pelacakan kendaraan biasa digunakan oleh perusahaan taksi, karna dengan adanya alat ini, perusahaan dapat mengetahui dimana posisi mobil taksi.





E.    Cara Kerja GPS

Cara kerja GPS bagi pengguna yaitu:

Bagian ini terdiri dari alat navigasi yang digunakan. Satelit akan memancarkan data almanak dan ephemeris yang akan diterima oleh alat navigasi secara teratur. Data almanak berisikan perkiraan lokasi (approximate location) satelit yang dipancarkan terus menerus oleh satelit. Data ephemeris dipancarkan oleh satelit, dan valid untuk sekitar 4-6 jam. Untuk menunjukkan koordinat sebuah titik (dua dimensi), alat navigasi memerlukan paling sedikit sinyal dari 3 buah satelit. Untuk menunjukkan data ketinggian sebuah titik (tiga dimensi), diperlukan tambahan sinyal dari 1 buah satelit lagi.
Dari sinyal-sinyal yang dipancarkan oleh kumpulan satelit tersebut, alat navigasi akan melakukan perhitungan-perhitungan, dan hasil akhirnya adalah koordinat posisi alat tersebut. Makin banyak jumlah sinyal satelit yang diterima oleh sebuah alat, akan membuat alat tersebut menghitung koordinat posisinya dengan lebih tepat.






SUMBER

URL    : Cut Aisyah, “Sistem Telematika pada GPS”, http://1-cute.blogspot.co.id/2013/01/sistem-telematika-pada-gps.html , 14 Januari 2013.

URL    : Martha Fanny, “Peranan Telematika”,  https://hube13.wordpress.com/2014/01/14/peranan-telematika/ , 14 Januari 2014.

URL    : Arvin Wicaksono, “GPS, Telematika & Aplikasinya dalam handphone”, http://arfinwicaksono.blogspot.co.id/2010/10/gps-telematika-aplikasinya-dalam.html , Oktober 2010.

URL    : Erica, “GPS Alat Telematika”, http://ericamourissa.blogspot.co.id/2012/11/gps-alat-telematika.html, 19 November 2012.

URL    : Virgiansyah, “Sistem Telematika pada GPS”, http://virgiansyah-virgiansyahbastiar.blogspot.co.id/2012/10/telematika-dalam-kehidupan-sehari-hari.html, 24 Oktober 2012.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar