CURRICULUM VITAE
DATA PRIBADI
Nama : Fadilla Develin
Tempat,
Tanggal Lahir : Jakarta, 11
April 1995
Jenis
Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Tinggi Badan : 160 cm
Berat Badan : 40 kg
Alamat : Perumahan Duta Kranji, Jl.Cendrawasih 16
Blok:B No:575 , Bintara-Bekasi Barat
No.Handphone : 082111404559
Status : Belum Menikah
E-mail : dilla.develin@yahoo.com
DATA PENDIDIKAN
SD :
SDN 05 Malaka Jaya, Jakarta Timur
SMP :
SMPN 139 Jakarta Timur
SMA :
SMAN 103 Jakarta Timur
Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma, jurusan Sistem
Informasi
DATA KEMAMPUAN
- Ms.Word,
Ms.Excel, Ms.PowePoint
- MySQL
CARA MEMBUAT CURRICULUM VITAE YANG BAIK DAN BENAR
Dalam membuat CV yang baik dan benar
pada kenyataannya memiliki tingkatan gampang-gampang susah, dalam membuat CV
yang baik dan benar ini kita harus benar-benar teliti, jangan ada satu
kesalahanpun, karena itu menyangkut data pribadi kita. Biasanya format
Suriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup sering disebut juga dengan
resume, dan itu akan berbeda di setiap negaranya. Hal ini dikarenakan adanya
perbedaan suku, budaya, politik, kebiasaan, serta beberapa aturan yang sangat
berbeda.
Dan berikut ini ada beberapa hal yang
perlu untuk Anda perhatikan ketika Anda akan membuat CV yang baik dan benar,
agar pihak perusahaan memiliki kesan yang baik saat membaca CV Anda.
1. Identitas (Data Pribadi)
Dalam pembuatan CV, Anda harus
mencantumkan identitas Anda dengan jelas, seperti nama jelas, jenis kelamin,
tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, dan lain sebagainya. Anda harus
mengisi data tersebut dengan sebenar-benarnya tanpa adanya rekayasa. Dan pada
data diri, Anda harus mencantumkan alamat email atau no telepon yang bisa
dihubungi oleh pihak perusahaan, dan penting bagi Anda mencantumkan hal
tersebut.
2. Pendidikan
Bukan hanya data diri atau identitas,
Anda juga harus mencantumkan pendidikan formal serta beberapa pelatihan atau
kursus yang sempat Anda ikuti. Sebab hal itu akan sangat penting guna
mempertimbangkan kemampuan Anda oleh pihak perusahaan.
3. Kemampuan
Untuk kemampuan, mungkin Anda bisa
menguraikan kemampuan yang Anda miliki dengan cara yang singkat, dan cantumkan
kemampuan yang memang erat hubungannya dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar.
Dan pastinya beberapa kemampuan yang Anda cantumkan ini harus benar-benar Anda
miliki, bahkan jangan pernah Anda mencantumkan kemampuan yang memang tidak pernah
Anda miliki sama sekali.
4. Pengalaman kerja
Anda juga bisa mencantumkan deskripsi
singkat mengenai pengalaman Anda dalam bekerja pada perusahaan sebelumnya, yang
mana dilengkapi dengan pangkat, jabatan, serta jenis pekerjaan. Bukan hanya
itu, Anda juga bisa sedikit menguraikan prestasi yang Anda miliki di tempat
kerja Anda sebelumnya.
5. Referensi Kerja
Bila memang memungkinkan, Anda bisa
mencantumkan referensi. Referensi adalah orang yang memang bisa dihubungi oleh
pihak perusahaan yang Anda lamar guna menanyakan beberapa hal penting mengenai
diri Anda. Pada bagian ini, ketika Anda akan mencantumkan orang yang menjadi
referensi Anda, Anda harus benar-benar yakin kalau orang tersebut mengetahui
benar tentang diri Anda serta lingkungan sekitar Anda, dan bisa memberikan
informasi yang positif terkait data diri Anda. Namun jika memang Anda tidak
memiliki referensi, maka Anda bisa untuk tidak mencantumkan di dalam CV Anda.
6. Pengalaman lain yang menunjang
Anda juga bisa mencantumkan beberapa
pengalaman lain yang memang mampu mendukung “promosi diri Anda” di hadapan
pihak perusahaan yang akan merekrut Anda. Dan baiknya Anda mencantumkan
pengalaman yang relavan dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar tersebut.
KESALAHAN YANG SERING TERJADI PADA SAAT INTERVIEW PEKERJAAN
- Para
pelamar kerja membawa buku yang pada umumnya berisi ‘cara-cara atau
tips-tips melewati wawancara kerja dengan sukses.’ Dan seharusnya para
pelamar kerja menghindari persoalan tersebut, jika anda ingin mempelajari
tips-tips tersebut, sebaiknya anda mempelajarinya di rumah, dan jangan
sampai anda membawa buku tersebut ke tempat interview.
- Hal
sepele yang berakibat fatal juga ketika para pelamar bertanya, ‘nama
perusahaan ini tadi apa ya?’ Nah jika anda lupa terkait nama perusahaan,
sebaiknya anda menghindari untuk menanyakan hal tersebut ketika proses
wawancara berlangsung.
- Ketika
pihak perusahaan menelepon anda, pelamar menahan panggilan tersebut
beberapa menit lamanya. Dan setelah melanjutkan percakapan, pelamar malah
mengatakan bahwa dirinya telah memiliki acara lain yang bersamaan pada
jadwal wawancara berlangsung yang memang telah ditentukan oleh pihak perusahaan.
- Ketika
datang ke tempat wawancara, pelamar menggunakan pakaian yang unik, tetapi
dirinya tidaklah memberikan alasan yang pasti mengapa ia memakai pakaian
tersebut kepada pihak yang mewawancarainya.
- Ketika
proses wawancara berlangsung pelamar mengatakan tepat waktu merupakan hal
yang paling penting dalam dunia kerja, padahal dirinya sendiri datang
tidak tepat waktu.
- Pelamar
tidaklah bersikap secara sopan terhadap orang-orang yang ditemuinya di
tempat wawancara, padahal sebagian besar dari mereka merupakan orang-orang
yang akan mewawancarinya.
- Ketika
proses wawancara berlangsung, pelamar dengan sengaja melepaskan sepatunya
- Pelamar
meminta minuman orang-orang yang berperan sebagai orang yang
mewawancarainya
- Ketika
pelamar mencorat-coret fasilitas gedung tempat wawancara berlangsung
- Dan
hal lainnya yaitu ketika pelamar menyepelekan gaji yang memang ditawarkan
oleh perusahaan tersebut .
Sumber: http://tipskarir.com/ketahuilah-10-kesalahan-yang-kerap-terjadi-saat-wawancara-kerja-berlangsung/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar