Kamis, 03 Desember 2015

TUGAS KELOMPOK 3 PENGANTAR TELEMATIKA . E-RESEARCH

TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA
E-RESEARCH






Kelompok 3:
Dhanny Kurniawan (11112982)
Dianov Lussac (12112057)
Erick Pratama Afrieldy (12112523)
Fadilla Develin (12112626)
Febriantara Muhammad (12112863)
Rachmat Mardian Adi Saputra (15112831)





UNIVERSITAS GUNADARMA
2015

1. PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Sebelum adanya e-research, para ilmuwan menggunakn metode research tradisional. Research tradisional masih belum menggunakan teknologi informasi. Hal ini menyebabkan lamanya proses research, tidak efektif dan tidak efisien. E-research tadinya hanya dianggap sebagai pendamping research tradisional. Namun sekarang para ilmuwan sudah banyak yang menggunakan e-research, e-research kini bukan lagi pendamping research tradisional, kini e-research sudah merupakan metode sendiri. E-research itu sendiri adalah metode penelitian yang menggunakan teknologi informasi dan internet, sehingga memungkinkan untuk bertukar informasi dengan orang yang berada di luar negeri. Munculnya e-research ditandai dengan oleh beberapa alasan diantaranya penggunaan jaringan pita lebar yang dilengkapi dengan instrumen dan fasilitas riset termasuk peralatan teknologi sensor dan penghimpunan data digital secara besar-besaran, lalu pemanfaatan perangkat lunak dan infrastruktur koneksi yang aman dan memenuhi persyaratan, serta ketersediaan peralatan dan aplikasi bebasis digital yang meliputi peralatan khusus maupun peralatan lintas bidang yang bersifat interaktif
1.2       Batasan masalah
            Dalam penulisan ini penulis hanya membahas tentang pengertian e-research dan konsep e-research itu sendiri.
1.3       Tujuan
            Tujuan dari penulisan ini yaitu agar dapat memahami apa itu e-research, bagaimana konsep e-research dan mengetahui tanda munculnya e-research.

2. PEMBAHASAN
2.1       Pengertian E-Research
E-research adalah suatu kegiatan riset atau penelitian yang menggunakan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi sehingga menghasilkan cara kerja dan metode riset yang baru. E-Research terdiri dari dua kata yaitu electronic dan research yang bermakna adalah penelitian yang dikembangkan secara elektronik atau online.
What is eResearch?
A common basic definition of eResearch goes something like: “The use of advanced Information and Communications Technologies to support research.”
eResearch Themes:
  • Data driven research.
  • Computationally intensive research.
  • Collaborative research across geographical and discipline boundaries.
2.2       Konsep E-Research
Kegiatan riset atau penelitian saat ini sudah semakin bercirikan kerjasama tingkat nasional dan internasional, serta merupakan kegiatan kolaborasi multi-disiplin. Infrastruktur telekomunikasi dan Internet menjadi salah satu faktor pendorong terkuat dari fenomena ini. Istilah ‘e-research’merujuk pada kegiatan riset yang menggunakan serangkaian fasilitas teknologi informasi dan komunikasi, sedemikian rupa sehingga melahirkan cara kerja dan metode riset baru.
Munculya metode riset yang baru ditandai oleh beberapa hal, yaitu :
-          Penggunaan jaringan broadband
-          Pemanfaatan perangkat lunak dan infrastruktur koneksi yang aman
-          Adanya peralatan dan aplikasi riset yang berbasis digital
E-Research sendiri memiliki konsep untuk menghubungkan seluruh peneliti di seluruh dunia agar dapat mengakses suatu hasil penelitianan atau pun mengadakan penelitian bersama sama dan berbagi data terhadap suatu penelitian , sehingga memudahkan para peneliti untuk mengadakan penelitian secara bersama sama
Saat ini e-research masih dianggap sebagai pendamping riset tradisional, tapi makin kesini e-research makin melihatkan ciri khususnya, jadi diharapkan suatu saat kegiatan riset yang berbasis internet ini akan terlepas dari pola tradisional. Dengan penggunaan perangkat lunak yang berbasis digital, membuat para ilmuwan menggunakan sumberdaya digital dan internet, termasuk menciptakan pola baru dalam kolaborasi dan penyebaran hasil karya ilmiah. Para ilmuawan juga memanfaatkan teknik pendulangan data (data mining) dan jaringan kerja sama antar negara. Riset astrophysics adalah salah satu contohnya, riset ini sangat bergantung kepada data digital tentang ruang angkasa yang diperoleh dari berbagai stasiun pengamat diberbagai belahan dunia.
Salah satu keberhasilan riset yang berbasis kolaborasi yaitu pemakaian sumber daya digital secara bersama. Perpustakaan digital memainkan peran penting. Sebagai institusi yang sejak kelahirannya sudah terlibat dengan aktivitas riset, maka perpustakaan digital kini juga perlu menyiapkan diri menjadi bagian dari e-research. Maka pengertian e-research di sini dapat dikaitkan dengan penyediaan jasa lewat portal perpustakaan.

Sumber:
Gestha, Konsep E-Research , http://deagestano.blogspot.co.id/2011/10/konsep-e-research.html, 1 Desember 2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar