Jumat, 11 Maret 2016

TUGAS 1 - ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI

1. Jelaskan apa itu etika, profesi dan profesionalisme!
2. Jelaskan 4 isu-isu etika!
3. Jelaskan apa itu IT forensik dan kegunaannya!
4. Jelaskan perbedaan IT forensik, IT audit trail dan real time audit!

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. Etika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak). Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk dan tanggung jawab.

    Profesi adalah pekerjaan yang mengandalkan suatu keahlian yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup. Profesi berasal dari bahasa Latin yaitu Professio  yang berarti janji/ikrar dan pekerjaan

    Profesionalisme adalah komitemen para anggota profesi yang ditunjukan dengan kebanggaan dirinya sebagai tenaga profeional. Menurut KBBI profesionalisme berasal dari kata Profesional yang mempunyai makna yaitu berhubungan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya.

2. 4 isu-isu etika :

    1. Isu privasi :
        Rahasia pribadi yang sering disalahgunakan orang lain dengan memonitor e-mail, memeriksa komputer orang lain, memonitor perilaku kerja. penyebaran informasi dan menjualnya kepada pihak lain untuk tujuan komersial.

    2. Isu akurasi:
        Kebenaran dan akurasi informasi yang dikumpulkan serta diproses.

    3. Isu properti:
        Kepemilikan dan nilai informasi (hak cipta). Penggandaan perangkat lunak adalah bentuk pelanggaran hak cipta dan merupakan kerugian bagi para vendor.

    4. Isu aksebilitas:
        Hak untuk mengakses informasi dan pembayaran biaya untuk mengaksesnya. hal ini juga menyangkut masalah keamanan sistem informasi.

3. IT forensik adalah cabang dari ilmu komputer tetapi menjurus ke bagian forensik yaitu berkaitan dengan bukti hukum yang ditemukan di komputer dan media penyimpanan digital.

Manfaat IT forensik:
- memebenarkan data dalam suatu hardware atau software yang mengalami kerusakan.
- untuk meneliti sistem komputer milik terdakwa kasus hukum.
- meneliti suatu sistem komputer yang mengalami kebobolan.
- memperoleh informasi tentang bagaimana sistem komputer bekerja untuk tujuan dibugging, optimasi kerja atau membalikkan rancang bangun.

4. Audit Trail merupakan salah satu fitur dalam suatu program yang mencatat semua kegiatan yang dilakukan tiap user dalam suatu tabel log secara rinci

Real Time Audit (RTA) adalah suatu sistem untuk mengawasi kegiatan teknis dan keuangan sehingga dapat memberikan penilaian yang transparan status saat ini dari semua kegiatan dimana pun mereka berada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar