Rabu, 15 Juni 2016

Bisnis Berbasis Teknologi Sistem Informasi Berbasis Online

Bisnis Berbasis Teknologi Sistem Informasi yang Berbentuk Layanan Online (TRAVELOKA)
Traveloka adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel terkemuka di Asia Tenggara dan pemesanannya dilakukan secara online melalui aplikasi mobile, melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik, yang kantor pusatnya terletak di Jakarta. Traveloka didirikan pada tahun 2012 oleh 3 orang pendiri, yaitu Fery Unardi, lulusan Sekolah Bisnis Universitas Harvard yang sebelumnya bekerja di Microsoft, Derianto Kusuma, lulusan Universitas Stanford yang sebelumnya bekerja sebagai software engineer senior Linkedln di Silicon Valley, dan Albert. Konsep awal dari traveloka itu sendiri adalah untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs yang menyediakan pemesanan tiket pesawat, namun pada tahun 2013 Traveloka berubah menjadi situs reservasi atau pemesanan tiket pesawat. Lalu pada bulan Maret 2014, pendiri Traveloka, Fery Unardi mengumumkan bahwa Traveloka juga akan menyediakan layanan reservasi atau pemesanan kamar hotel, tidak lama setelah Fery Unardi mengumumkan hal itu, pada bulan Juli 2014 Traveloka pun resmi telah menyediakan layanan reservasi kamar hotel.

Bentuk Organisasi Bisnis Traveloka
Ferry Unardi, Co-Founder dan CEO Traveloka mengatakan bahwa perusahaannya sekarang memiliki lebih dari 270 karyawan, meningkat dari 120 karyawan pada bulan September tahun lalu. Pada bulan Maret, SimilarWeb mencatat bahwa jumlah pengunjung yang mengakses Traveloka melalui desktop diestimasi mencapai 3,95 juta kunjungan. Sebuah angka yang sangat impresif, tapi masih kalah jauh dengan estimasi seharusnya pada bulan Desember — saat perjalanan penerbangan sedang ramai-ramainya — yang mana ada sekitar 5,45 juta pengguna yang mengakses melalui desktop. Sebaliknya, kompetitor terdekat Traveloka, yaitu Tiket hanya memperoleh sekitar 1,95 juta kunjungan melalui desktop pada bulan yang sama.

Kembali ke bulan November, Traveloka mengklaim bahwa ia memperoleh sekitar 250.000 kunjungan setiap hari. Apabila data itu memang benar, artinya jumlah pengunjung Traveloka yang mengakses melalui desktop dan mobile bisa mencapai 7,5 juta kunjungan setiap bulan

Etika dan Profesionalisme Bisnis
Etika
Traveloka menjaga kerahasiaan data pribadi dari pembeli tiket atau pemesan tiket pesawat maupun pemesanan kamar hotel. Data pribadi akan tersimpan di database traveloka, dan jika anda ingin melakukan pemesanan maka anda diminta untuk memasukkan data diri seperti nama, no telp, alamat email, dan diminta untuk melakukan pembayaran maksimal 1,5 jam setelah melakukan booking, jika lewat dari 1,5 jam maka tiket akan hangus dan bisa pindah ke tangan orang lain.
Profesionalisme
-          -Menyediakan pilihan harga tiket yang termurah
-         - Menyediakan banyak pilihan maskapai penerbangan
-         - Melayani bukan hanya rute domestik, namun juga ke luar negeri
-         - Menyediakan layanan pemesanan kamar hotel
-          -Menerima refund tiket yang sudah di booking 
   
     sumber:
     https://id.wikipedia.org/wiki/Traveloka
     http://pusatmakalahskripsi.blogspot.co.id/2016/04/makalah-tentang-travelokacom.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar